Minggu, 27 November 2016

Mengomel di buku DIARY

Mengomel di buku DIARY
“Dear diary....” masih ingatkan kapan terakhir kali anda menulis diary? Mungkin pada masa kecil atau masa remaja dulu, dimana diary menjadi cukup populer. Buku Diary disebut juga buku harian atau buku catatan, tetapi lebih populer dengan menggunakan nama bahasa inggris “Diary”. Menulis di buku harian memang cukup digemari banyak orang terutama para wanita yang memilih buku sebagai tempat mencurahkan perasaan atau menceritakan kejadian setiap harinya.
Sering sekali buku diary menjadi salah satu sasaran untuk mengomel tentang pacar yang menyebalkan, tukang selingkuh bahkan saat pertama kali mulai menjalin hubungan pacaran yang masih mesra-mesranya. Ada pula curhatan mengenai  teman yang baik dan menyebalkan, serta masalah pertengkaran orang tua atau kurang rukun dengan saudara sendiri dalam lingkungan keluarga, dan guru yang suka marah –marah di sekolah. Menuliskan pengalaman, perasaan dan pemikiran pada buku diary baik sedih, senang, lucu, marah, malu bisa diutarakan dengan mudah dan menjadi suatu hal yang privasi.
Samuel Pepys (1633- 1703), seorang administrator angkatan laut kerajaan Inggris merupakan orang yang pertama kali menulis buku harian dalam sejarah. Kini buku hariannya di simpan di Magdalene College, Cambridge, yang pertama kalinya diterbitkan pada tahun 1825. Menurut Alice D. Domar, menulis buku harian adalah sebuah langkah untuk mengungkapkan emosi dan perasaan kita dan membantu kita untuk merawat pikiran. Jadi buku diary adalah catatan kejadian sehari – hari yang ingin kita tuangkan ke buku itu. Biasanya pengalaman yang benar- benar menarik, menyenangkan, sedih, kejadian lucu, marah yang hanya ditulis dalam buku harian.
Buku harian memiliki dua kategori. Pertama, buku harian yang personal atau individu atau pribadi. Buku harian jenis ini dibuat, dibaca dan dimanfaatkan oleh orang yang menulis. Isinya berkaitan masalah pribadi. Tulisan yang di tulis tidak boleh dibaca oleh orang lain. Kedua, buku harian yang umum. Buku harian ini biasanya milik suatu lembaga. Harian jenis ini di buat, di baca dan di manfaatkan oleh lembaga tertentu juga bisa.
Bagaimana cara menulis  buku harian? Menulisnya bebas seperti apa yang ingin kita tuangkan dan rasakan. Karna bersifat pribadi maka bahasa dalam buku harian bersifat subjektif. Anda dapat memakai kata “aku”, “saya”, “gue”, dan sebagainya. Akan tetapi ada hal yang perlu di perhatikan agar kita dapat mengingat peristiwa tersebut suatu saat nanti ketika membacanya yaitu tuliskan apa yang terjadi, dimana, kapan, siapa dan mengapa itu terajdi. Jangan lupa selalu tulis penanda waktu dalam buku harian anda. Lalu anda dapat menutupnya dengan harapan, puisi atau pun pantun yang anda buat sendiri.
Pengalaman minggu yang lalu berbeda dengan minggu ini. Dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan dan tahun ke tahun kita pasti memiliki segudang pengalaman. Akan tetapi apakah semua yang kita alami akan kita ingat? Tentu tidak bukan?Oleh karena itu ada beberapa manfaat menulis buku diary yaitu antara lain :
1.      untuk menyimpan memori dengan mendokumentasikan peristiwa yang pernah dialami.
2.      untuk mencurahkan isi hati, obat stress, meluapkan emosi, menyampaikan keluh kesah atau mengekspresikan fikiran kedalam tulisan.
Stress yang tidak disalurkan maupun diekspresikan dapt membahayakan tubuh maupun pikiran karena pengaruhnya terutama pada kesehatan tubuh yang besar. Jika seseorang sedang stress atau memiliki banyak beban pikiran, menyalurkannya dalam bentuk tulisan di buku harian dapat menjadi kegiatan yang tepat. Karena menulis di buku harian menjadi sangat personal, kita dapat dengan bebasnya menyaalurkan perasaan dan juga curahan amarah dan lain-lain.
3.      untuk berekreasi. Misalnya untuk menyimpan suatu karya cerita hasil  kreasi fikiran kita agar tidak hilang/lupa.
Terkadang inspirasi datang begitu tiba-tiba dan juga dapat hilang dan terlupakan dengan cepat. Buku harian dapat menjadi media sumber inspirasi anda. Saat anda terinspirasi akan suatu hal dan memiliki ide-ide yang tiba-tiba terpikirkan, tulislah pada buku harian anda dari situ pula ide-ide itu dapat berkembang dan terwujud.
4.      tempat pembelajaran hidup
Semua orang pasti pernah mengalami kejadian buruk yang tak dapat terlupakan. Saat anda mengalaminya, tuangkan dalam tulisan –tulisan anda dan dengan begitu, suatu saat anada akan membacanya kembali dan mengambil pelajaran berharga dari kejadian tersebut.
5.      melatih otak kiri
Menulis diary membuthkan kosentrasi dan ingatan yang tajamakan kejadian –kejadian yang terjadi. Hal tersebut dapat melatih otak kiri anda dimana anda akan terus melatih untuk menulis, merangkai kalimat-kalimat, mengingat dan berkreasi.
Berikut adalah contoh pengalaman
Selasa, 18 Juni  2014
Dear Dairy
Kemarin 17 Juni 2014 adalah ujian SBMPTN. Bapak, Ibu pada nganterin Niko adekku ke Semarang untuk ikutan ujian SBMPTN. Tapi 06.30 mampir dulu ke kos-kosanku. Yah aku di bawakan sarapan pagi dan beberapa camilan. Berhubung aku ada kuliah, jadi aku gak ikutan nganterin Niko ke UNDIP. Terus pada malam harinya pukul 18.20, Ibukku datang lagi ke kosku mau merayakan ulang tahunku besok tanggal 18 Juni. Yah kami sekeluarga pergi keluar beli makan soto Pak Rabu di Pancakarya. Terus dikasih uang Ibuku untuk beli hadiah. Hehehe rumayan 200.000. Setelah itu aku dianterin pulang dan keluargaku juga pamitan pulang balik lagi ke Pati.

Pukul 21.30 aku pengen ke kosnya Dikna, tapi mampir ke Gedung Utama kampus UPGRI Semarang dulu. Soalnya tadi di suruh ke GU kakak Rara. Disana ada Hari Wicaksono, Adit ndut dan kakak Rara yang sedang latihan buat pentas drama. Cuma liatin mereka sebentar, aku langsung menuju kosnya Dikna. Terus jam berapa aku gak tahu, tiba-tiba ada Wiwin, Adit , Ari Sandi, Hari, Jalil sama kakak Rara juga pada dateng ke kosnya Dikna rame-rame. Yah pada mau ngobrol-ngobrol. Eh gak tahunya aku punya perasaan aneh. Tuh kan beneran aku dikerjain. Mereka pada guyur aku pakai air tepung sekitar jam 24.00 terus di guyur pakai minyak goreng. Mereka beneran orang yang menyebalkan tapi terimaksih buat kejutan yang diberikan. Hahahaha. Sebenernya aku juga tau kalau mereka aslinya pada gak tahu ultahku mesti. Palingan yang ngasih tahu Wines. Hahahaha makasih yah, tunggu balas dendamku. Dwi Putri Hardikna 14 Januari, Wiwin Winarsih 22 Desember, Adit Sulistiyo 31 Desember, Hari Wicaksono tangal 20-30 April minta diguyur air dia..ahaha Ari Sandi ma Jalil belum tahu nyusul aja. Makasih yah buat temen-temen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.