Selasa, 04 April 2017

RPP materi SUsunan Bumi atau Lapisan Penyusun Bumi kelas V SD semster 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ................

Mata Pelajaran            :   IPA
Kelas/Semester            :   V/ 2
Tema                            :   Bumi dan Alam Semesta
Materi Pokok               :   Susunan Bumi
Waktu                          :   2 x 45 menit

A.    Standar Kompetensi         
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam

B.     Kompetensi Dasar
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi

C.    Indikator
7.3.1 Menyebutkan 3 macam lapisan penyusun bumi.
7.3.2 Menjelaskan lapisan penyusun bumi
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan mengamati media lapisan bumi dan mendengar penjelasan dari guru, maka siswa dapat menyebutkan tiga macam lapisan penyusun bumi dengan benar.
2.      Dengan mendengarkan penjelasan dari guru melalui media gambar, maka siswa dapat menjelaskan kembali lapisan penyusun bumi dengan benar.
&  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E.     Materi Essensial
Mengenal Struktur Bumi (terlampir)
F.     Metode dan Model Pembelajaran
A. Metode :
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Tanya Jawab
4.    Penugasan
B.  Model : talking stick


G.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
a.         Guru dan siswa berdoa bersama-sama.
b.         Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar.
c.         Guru mengecek kehadiran siswa.
Apersepsi  dan Motivasi :
1.      Anak-anak minggu lalu kita sudah belajar tentang proses terbentuknya tanah yaitu mulai dari jenis-jenis-jenis tanah, proses terjadinya pelapukan, dan jenis batuan. Selanjutnya hari ini kita akan belajar mengenai susunan lapisan bumi. Apakah bumi itu? Bagaimana bentuk bumi itu? Siapa saja yang tinggal di bumi? Sudah pernah lihat globe? Coba perhatikan dan amati bentuk globe ini!
2.      Anak-anak apakah kamu tahu lapisan penyusunan bumi? Mari kita bahas bersama-sama.
3.      Guru menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.
4.      Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama untuk menambah semangat dan motivasi.
BUMIKU ( lagu balonku yang diubah liriknya)
Bumiku hanya Satu 
Akanku jaga selalu 
Bulat pepat bentuknya 
Hijau biru warnanya
Struktur bumi ada tiga
Yang pertama kerak bumi
Yang kedua mantel bumi
Yang terakhir inti bumi 
Mari kita belajar. . .jar!
Belajar tentang bumi 
Bumiku amat indah 
Hilanglah rasa gundah.

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Menyajikan materi sebagai pengantar yang berhubungan dengan lapisan penyusun bumi.
2.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan bertanya jawab.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1.         Siswa diminta untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang bentuk bumi dengan mengamati lingkungan yang ada disekitarnya dengan menulisnya dibuku.
2.         Siswa menyampaikan hasil diskusi.
3.         Siswa mendengarkan penjelaskan guru mengenai proses terbentuknya bumi.
4.         Siswa mengamati media lapisan penyusun bumi yang dibawa oleh guru.
5.         Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai lapisan penyusun bumi.
6.         Guru mengajak siswa bermain dan belajar dengan model tallking stick dan menjelaskan cara mainnya.
7.         Siswa diberikan kesempatan untuk membaca dan memahami materi pada buku yang dibawanya.
8.         Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa
F Struktur bumi dari dalam sampai luar adalah lapisan inti bumi dalam, inti bumi luar, mantel bumi, kerak bumi dan atmosfer.
o   Siswa melakukan evaluasi akhir dengan mengerjakan soal-soal latihan.
F Tindak lanjut : pemberian tugas / PR.
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama siswa.

(5 menit)
H.    Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber :
o   Choiril Azmiyawati, Wigati Hadi. O, dan Rohana Kusumawati. 2008. Buku BSE IPA kelas V.
o    
Media :
1.    Globe
2.    Gambar struktur bumi
3.    Lapisan penyusun bumi

IX. PENILAIN
1. Teknik Penilaian
a.       Penilaian Kognitif
Evaluasi : Tes tulis (uraian singkat)
b.      Penilaian Afektif
            Lembar Observasi Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Indikator aktivitas (skor 1-4)
Jumlah Skor
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Teliti
Tanggung jawab
1.






2.






3.






4.






5.






Dst.






Catatan: skor maksimum = skor maksimum tiap indikator x jumlah indikator
Misalnya  =  4 x 5 = 20
Kriteria penilaian sebagai berikut:
SKOR TOTAL
KATEGORI
17 – 20
Sangat Baik
13 – 16
Baik
9 – 12
Cukup
4 – 8
Kurang
2. Indikator pencapaian dan Bentuk Instrumen Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik
Bentuk penilaian
Instrumen Soal
Menunjukkan susunan bumi
Tugas
(diskusi)
 -unjuk
-sikap
1. Sebutkan ciri-ciri bentuk bumi yang kalian ketahui dengan mengamati lingkungan sekitarnya.
Menjelaskan
Individu
Tes tertulis
1.  Sebutkan lapisan-lapisan penyusun bumi!
2. Apakah fotosfer itu?
3. Jelaskan kegunaan lapisan atmosfer
bagi bumi!
4. Apa sajakah penyusun lapisan inti luar
bumi?
5. a. Lapisan bumi apakah yang biasa
disebut pusat bumi?
b. Sebutkan bahan penyusun pusat
bumi!

      
Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







                                                           
Rubrik Penilaian
1.      Rasa Ingin Tahu
Indikator:
a.    Peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan guru
b.    Peserta didik memperhatikan materi dengan mencatat
c.    Peserta didik bertanya ketika materi kurang jelas
d.   Peserta didik aktif mencari referensi saat berdiskusi
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

            2.      Kerja Sama
Indikator:
a.    Peserta didik aktif dalam kerja kelompok
b.    Peserta didik bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan
c.    Peserta didik bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
d.   Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok lain/ team work
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

3.      Teliti
Indikator:
a.       Peserta didik mengerjakan tugas dengan teliti
b.      Peserta didik berhati-hati dalam menyelesaikan tugas  dan menggunakan peralatan
c.       Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar mutu
d.      Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar waktu
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

4.      Tanggung Jawab
Indikator:
a.       Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
b.      Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan target
c.       Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
d.      Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

Semarang,  5 April 2016
Dosen Pembimbing,                                                                            Mahasiswa


Mei                                                                                          Hari Wicaksono
NIP.                                                                                        NPM.13120264















BUMIKU ( lagu balonku yang diubah liriknya)
Bumiku hanya Satu 
Akanku jaga selalu 
Bulat pepat bentuknya 
Hijau biru warnanya
Struktur bumi ada tiga
Yang pertama kerak bumi
Yang kedua mantel bumi
Yang terakhir inti bumi 
Mari kita belajar. . .jar!
Belajar tentang bumi 
Bumiku amat indah 
Hilanglah rasa gundah.


2 komentar:

  1. Permisi mau nnya, itu judul buku dan pengarangnya siapa ya ? Karena mau beli..kebetulan ada bahasa aurora dimateri buku tersebut

    BalasHapus
  2. Rpp hots tentang bumi dan alam semesta kls 5 sd dong

    BalasHapus

Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.