Selasa, 04 April 2017

RPP tema Pendidikan materi keliling persegi n persegi panjang kelas 3 SD smt 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan        :   SD N Sendangmulyo 03
Tema                             :   Pendidikan
Kelas/Semester              :   II/ 2 (dua)
Materi Pokok                :   Matematika dan PKn
Waktu                           :   2jp x 35 menit
Hari / Tanggal               :   Senin / 27 Maret 2017
I.     STANDAR KOMPETENSI
Matematika
5.  Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

II. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
     Matematika
     Kompetensi Dasar
 5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
Indikator :
4.1.1   Menghitung keliling persegi
4.1.2   Menentukan rumus persegi
4.1.3   Menghitung keliling persegi panjang
4.1.4   Menentukan rumus persegi panjang

PKN
Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
Indikator :
4.1.1 Mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia.
4.1.2 Menyebutkan contoh kekayaan alam khas Indonesia

III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui penjelasan guru dengan media persegi dan persegi panjang, mka siswa dapat mengetahui rumus keliling persegi dan persegi panjang.
2.      Dengan mendengar penjelasan dari guru, mka siswa dapat menghitung keliling persegi dan persegi panjang.
3.      Dengan tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia secara jelas.
4.      Dengan mengamati media gambar siswa dapat menyebutkan contoh kekayaan alam khas indonesia
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness), Bersahabat dan Komunikatif.
IV. MATERI AJAR
1.      PKn (terlampir).
2.      Matematika ( terlampir).
V. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
A. Metode :
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Tanya Jawab
4.    Penugasan
B.  Model : Kontekstual
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


1.    PENDAHULUAN
a.      Guru dan siswa berdoa bersama-sama.
b.      Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar.
c.       Guru mengecek kehadiran siswa.
Apersepsi  dan Motivasi :
1.      Menyampaikan Indikator dari kompetensi yang diharapkan.
2.      Memberikan semangat sebelum pembelajaran dan motivasi dengan menyanyikan lagu Dari Sabang sampai Merauke.

ALOKASI WAKTU

( ± 5 MENIT)

2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Guru bertanya kepada siswa mengenai lagu Dari sabng sampai merauke. “ Dari lagu tersebut, bagaimana kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal anak-anak?” Nah, dari beberapa bentuk kondisi lingkungan disekitar kita seperti gunung, laut bukit dan pulau itu merupakan ciri khas bangsa Indonesia.
& Elaborasi
1.      Siswa mendengarkan penjelaskan guru mengenai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.
2.      Guru menjelaskan beberapa tradisi yang dimilki oleh indonesia seperti bahasa, tarian, pakaian dan adat istiadatnya.
3.      Siswa diminta untuk menyebutkan bangun datar berbentuk persegi dan persegi panjang yang ada di ruang kelas.
4.      Siswa mendengarkan penjelasan guru menentukan rumus keliling persegi dan persegi panjang dengan menggunakan media persegi dan persegi panjang.
5.       Siswa diminta untuk menghitung ubin secara bergantian untuk menentukan keliling ruang kelas dari bagian tepinya.
6.      Siswa diberikan tugas untuk mengerjakan soal matematika tentang keliling bangun persegi dan persegi panjang.
·      Konfirmasi
1.      Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui kepada guru .
2.      Guru bersama mengoreksi dan menguatkan hasil belajar siswa.




( ± 25 MENIT)

3.      Penutup
1.      Menyimpulkan hasil belajar
2.      Siswa melakukan evaluasi akhir dengan mengerjakan soal-soal latihan.
3.      Tindak lanjut : pemberian tugas / PR.
4.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama.


(±5 menit)

VII. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
A.    Media : bentuk bangun persegi dan persegi panjang, gambar-gambar kekayaan alam yang ada di Inonesia seperti gunung, pantai laut, hutan, bukit, upacara adat, tarian dll.
B.     Sumber Belajar
Slamet. Buku Pendidikan Kewarganegaraan. 2008.
VIII. PENILAIN
1. Teknik Penilaian
a.       Penilaian Kognitif
Evaluasi : Pilihan ganda
b.      Penilaian Afektif
            Lembar Observasi Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Indikator aktivitas (skor 1-4)
Jumlah Skor
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Teliti
Tanggung jawab
1.






2.






3.






4.






5.






Dst.






Catatan: skor maksimum = skor maksimum tiap indikator x jumlah indikator
Misalnya  =  4 x 5 = 20
Kriteria penilaian sebagai berikut:
SKOR TOTAL
KATEGORI
17 – 20
Sangat Baik
13 – 16
Baik
9 – 12
Cukup
4 – 8
Kurang



NAMA        :
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar!
      1.      Pakaian adat digunakan pada saat ....
a.       Upacara adat
b.      Bekerja
c.       Berkunjung kerumah orang
     2.      Ada beberapa jenis bahasa daerah yang ada di Indonesia, Salah satu contohnya orang Semarang yang menggunkan bahasa daerah yaitu bahasa .....
a.       Sunda
b.      Melayu
c.       Jawa
     3.      Untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan teman yang bahasa daerahnya berbeda-beda, maka sebaiknya kita menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa...
a.       Melayu
b.      Indonesia
c.       Jawa
     4.      Contoh kekayaan alam yang ada di Indonesia..
a.       Laut, pulau, gunung
b.      Susu, daun, pisang
c.       Rumput, onta, kanguru
    5.      Cara menghargai perbedaan dari beberapa suku budaya yang ada di Indonesia yaitu...
a.       Menghormati kepercaayan yang ada disetiap daerah masing-masing
b.      Menghina adat istiadat kebudayaan mereka
c.       Tidak mau ikut membaur dalam adat istiadat budaya mereka
6.      Bangun segi empat yang memiliki panjang sisi yang sama semua dinamakan...
a.       Persegi
b.      Persegi panjang
c.       Segitiga sama kaki
7.      Rumus menentukan keliling bangun datar persegi yaitu ....
a.       4 x sisi
b.      2 x (panjang + lebar)
c.       Sisi + sisi
8.      Persegi panjang yang lebarnya 6 satuan dan panjangnya 10 satuan memiliki keliling ....
a. 16 satuan
b. 32 satuan
c. 60 satuan
9. Suatu persegi kelilingnya 80 cm. Panjang sisi persegi tersebut adalah … cm
   a. 30
   b. 80
   c. 20
10. 


KUNCI JAWABAN



1.      A
2.      C
3.      B
4.      A
5.      A
6.   A
7.   A   
8.   B 
9.   C  
10. 16   



Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







                                                           
Rubrik Penilaian
1.      Rasa Ingin Tahu
Indikator:
a.    Peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan guru
b.    Peserta didik memperhatikan materi dengan mencatat
c.    Peserta didik bertanya ketika materi kurang jelas
d.   Peserta didik aktif mencari referensi saat berdiskusi
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

2.      Kerja Sama
Indikator:
a.    Peserta didik aktif dalam kerja kelompok
b.    Peserta didik bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan
c.    Peserta didik bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
d.   Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok lain/ team work
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

3.      Teliti
Indikator:
a.       Peserta didik mengerjakan tugas dengan teliti
b.      Peserta didik berhati-hati dalam menyelesaikan tugas  dan menggunakan peralatan
c.       Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar mutu
d.      Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar waktu
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian



4.      Tanggung Jawab
Indikator:
a.       Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
b.      Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan target
c.       Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
d.      Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian



            Semarang,  22 Maret 2017

Guru Pamong,                                                                        Mahasiswa,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.