RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
( RPP )
Satuan Pendidikan :
SD N Sawah Besar 02
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV (empat) / I (satu)
Tema :
Peristiwa
Materi Pokok :
Melengkapi percakapan yang belum selesai
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
Hari/ Tanggal :
Rabu, 31 Agustus 2016
A.
Standar
Kompetensi
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,
petunjuk, cerita, dan surat.
B.
Kompetensi
Dasar
4.1. Melengkapi
percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda
baca ( tanda titik, titik dua, tanda petik dan tanda tanya ).
C.
Indikator
4.1.1
Memperhatikan penggunaan ejaan pada teks percakapan
4.1.2
Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan
menggunakan ejaan yang tepat.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
menyimak penjelasan yang diberikan oleh guru, maka siswa dapat mengetahui
penggunaan ejaan pada teks percakapan dengan benar.
2. Dengan
berdiskusi yang dipimpin oleh guru, maka siswa dapat melengkapi percakapan yang
belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik, titik dua dan
tanda petik) dengan baik.
·
Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E.
Materi
1. Penggunaan
Ejaan dan Tanda Baca Pada Sebuah Percakapan. (terlampir)
2. Melengkapi
Teks Pecakapan (terlampir)
F.
Metode dan
Model Pembelajaran
Metode :
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Tanya Jawab
Model : Mind
Mapping
G.
Langkah -
Langkah Kegiatan Pembelajaran
|
|
1. PENDAHULUAN
a.
Guru dan siswa berdoa
bersama-sama.
b.
Guru menyiapkan kondisi siswa
untuk siap belajar.
c.
Guru mengecek kehadiran siswa.
Apersepsi
dan Motivasi :
1.
Guru mengulang kembali materi
sebelumnya.
2.
Guru mencoba melakukan interaksi
dengan siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan seperti;
·
Siapa di kelas IV A ini yang suka
berbicara dengan temannya?
·
Apa yang sering kamu bicarakan
dengan teman sekelasmu?
3.
Guru menyampaikan indikator dari
kompetensi dasar yang diharapkan.
|
ALOKASI
WAKTU
(
± 5 MENIT)
|
2. Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Guru
memberikan contoh penjelasan penggunaan ejaan pada teks percakapan.
2.
Melibatkan
secara aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan meminta dua
siswa membacakan teks percakapan di depan kelas.
3.
Guru
memberikan contoh cara melengkapi sebuah percakapan yang rumpang.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1.
Guru mengemukakan permasalahan pada sebuah
percakapan yang akan di tanggapi oleh siswa.
2.
Siswa diminta untuk berdiskusi dengan teman
sebangkunya untuk mengamati sebuah teks percakapan yang rumpang.
3.
Tiap kelompok mencatat alternatif jawaban hasil
diskusi untuk melengkapi sebuah percakapan rumpang yang telah diamati.
4.
Perwakilan kelompok maju kedepan membacakan hasil
diskusinya dan guru mencatat di papan tulis.
5.
Dari data dipapan siswa dan guru membuat kesimpulan
jawaban yang benar.
·
Konfirmasi
1.
Siswa diberikan kesempatan bertanya tentang hal-hal
yang belum diketahui.
2.
Mengoreksi dan menguatkan hasil belajar siswa.
|
(
± 25 MENIT)
|
3.
Penutup
1.
Menyimpulkan hasil belajar
2.
Siswa melakukan evaluasi akhir dengan mengerjakan
soal-soal latihan.
3. Tindak
lanjut : pemberian tugas / PR.
|
(±5 menit)
|
H.
Media dan
Sumber Belajar
Media : Pop Up Card
Sumber Belajar :
·
Ismoyo, Romiyatun. 2010. Buku Bahasa Indonesia.
Jakarta: DEPDIKNAS.
·
Ismail Kusmiadi, Nandang R.P, dan Ahmad Supena. 2009.
Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan.Jakarta:DEPDIKNAS.
I.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kognitif
Evaluasi :
Tes tulis (terlampir)
b. Penilaian
Afektif
Lembar
Observasi Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator aktivitas (skor 1-5)
|
Jumlah Skor
|
|||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Teliti
|
Tanggung jawab
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan: skor
maksimum = skor maksimum tiap indikator x jumlah indikator
Misalnya = 4 x
5 = 20
Kriteria
penilaian sebagai berikut:
SKOR TOTAL
|
KATEGORI
|
17
– 20
|
Sangat
Baik
|
13
– 16
|
Baik
|
9
– 12
|
Cukup
|
4
– 8
|
Kurang
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian
1. Rasa Ingin Tahu
Indikator:
a. Peserta didik memperhatikan materi
yang disampaikan guru
b. Peserta didik memperhatikan materi
dengan mencatat
c. Peserta didik bertanya ketika materi
kurang jelas
d. Peserta didik aktif mencari
referensi saat berdiskusi
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
2. Kerja Sama
Indikator:
a. Peserta didik aktif dalam kerja
kelompok
b. Peserta didik bersedia melakukan
tugas sesuai kesepakatan
c. Peserta didik bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang
mengalami kesulitan
d. Peserta didik menghargai hasil kerja
anggota kelompok lain/ team work
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
3. Teliti
Indikator:
a. Peserta didik mengerjakan tugas dengan teliti
b. Peserta didik berhati-hati dalam menyelesaikan tugas dan menggunakan peralatan
c. Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar mutu
d. Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar waktu
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
4. Tanggung
Jawab
Indikator:
a. Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
b. Melaksanakan
tugas/pekerjan sesuai dengan target
c. Mengembalikan
barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
d. Mengembalikan
barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
Semarang,
31 Agustus 2016
Dosen
Pembimbing, Mahasiswa
Riris
Setyo Sundari M.Pd Linda
Rohmawati
NIP.
108701279 NPM.13120239
MATERI
Melengkapi Teks Percakapan yang Belum Selesai
Percakapan dapat terjadi di mana saja, misalnya di kelas, di rumah, atau di
kantin. Percakapan adalah tanya jawab yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih. Percakapan umumnya dilakukan secara
langsung. Namun, ada juga percakapan yang dilakukan melalui telepon atau alat
lainnya. Dalam sebuah percakapan pasti ada hal yang dibicarakan. Hal yang
dibicarakan dalam percakapan dapat berupa pekerjaan rumah, hobi, film dan
sebagainya.
Sebelum melengkapi teks percakapan yang belum selesai, kita harus membaca
percakapan tersebut, kemudian memahami isinya. Cara memahami isi percakapan
dapat dilakukan dengan melihat kalimat-kalimatnya. Kalimat sebelum dan
sesudahnya itu yang menjadi kunci. Langkah-langkah untuk membuat percakapan
adalah sebagai berikut:
1. Menentukan masalah yang akan
dipercakapkan.
2. Menentukan pihak-pihak yang
bercakap-cakap, seperti usia dan jenis kelamin.
3. Menentukan situasi dan kondisi
percakapan, misalnya resmi atau tidak resmi
4. Menggunakan kata yang tepat.
Contoh Percakapan
Lomba
Baca Puisi
Ketika istirahat tiba Selvi dan Priyo bercakap-cakap
didekat kantin sekolah saat itu mereka hendak ke perpustakaan untuk meminjam
buku bacaan.
Priyo : “Selvi aku dengar akan ada
lomba baca puisi di sekolah kita ya?”
Selvi : “.....” (Iya, bulan depan).
Priyo : “Dalam rangka apa?”
Selvi : “Lomba itu untuk
memperingati Hari Ibu.”
Priyo : “Oh..! baru tahu saya. Terus
kalau mau ikut, nanti mendaftar ke siapa?”
Selvi : “Kalau boleh mendaftar ke Bu
Tika, guru Bahasa Indonesia.”
Priyo : “Pesertanya dari kelas
berapa?”
Selvi : “Katanya sih, mulai dari
kelas III sampai kelas VI”
Priyo : “Ok deh. Kalau begitu, aku
mau ikut lomba.”
Dari contoh percakapan antara priyo dan selvi di atas,
dapat dilihat adanya penggunaan tanda titik dua (:) dan tanda (“...”). tanda
titik dua (:) digunakan untuk menunjukkan pelaku percakapan, sedangkan tanda
petik (“...”) digunakan untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari
pembicaraan.
Menggunakan Kalimat Tanya
Kalimat tanya biasanya menggunakan kata-kata tanya.
Jenis kata tanya dan maksud pertanyaan dapat kamu
simak pada tabel di bawah ini!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.