RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
|
Satuan Pendidikan : SD N Sawah Besar 02
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IIIB/ 1 (satu)
Materi Pokok :
Pertumbuhan dan
Perkembangan Mahluk Hidup
Waktu :
1jp x 35 menit
Hari
/ Tanggal : Kamis / 8 Agustus 2016
I. STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal – hal yang mempengaruhi
perubahan pada mahluk hidup
II. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada
makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (
makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olahraga).
Indikator :
1.3.1 Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
1.3.2 Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
1.3.3 Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan tumbuhan.
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui tanya jawab dan penjelasan guru, maka siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan hewan dengan benar.
- Dengan penjelasan guru melalui media pop up book, maka siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
- Dengan melakukan praktikum yang dipimpin oleh guru, siswa dapat mengamati pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dengan baik.
- Dengan menyimak penjelasan guru, maka siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
IV. MATERI
AJAR
1. Perkembangan dan pertumbuhan
hewan ( terlampir )
2. Perkembangan dan pertumbuhan
tanaman (terlampir)
3. Faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan tanaman (terlampir)
V. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
A. Metode :
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Penugasan
B. Model : Kontekstual
VI.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN
a.
Guru dan siswa berdoa
bersama-sama.
b.
Guru menyiapkan kondisi siswa
untuk siap belajar.
c.
Guru mengecek kehadiran siswa.
Apersepsi
dan Motivasi :
1. Guru mengulang materi sebelumnya tentang
pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.
2. Menyampaikan Indikator dari kompetensi
yang diharapkan.
3.
Memberikan
semangat sebelum pembelajaran dan motivasi.
|
ALOKASI
WAKTU
(
± 5 MENIT)
|
2. Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menyajikan materi sebagai pengantar
yang berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup ( hewan
dan tumbuhan)
2. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran dengan bertanya jawab.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Konfirmasi
1.
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui kepada guru .
2.
Guru bersama mengoreksi dan menguatkan hasil belajar
siswa.
|
(
± 25 MENIT)
|
3.
Penutup
1.
Menyimpulkan hasil belajar
2.
Siswa melakukan evaluasi akhir dengan mengerjakan
soal-soal latihan.
3. Tindak
lanjut : pemberian tugas / PR.
4. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama.
|
(±5 menit)
|
VII. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
A.
Media : Pop Up Book, biji kedelai yang belum tumbuh
dan yang sudah tumbuh
B.
Sumber Belajar
·
Sarjan Handayani dan Purwo Santoso. 2004. SAINS 3.
Jakarta: DEPDIKNAS.
·
Triwulan Oktaviana. LKS Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta
: Graha Pustaka.
·
Zaenal Mustopa.2007.Ilmu Pengetahuan Alam kelas 3.
Jakarta : DEPDIKNAS.
VIII.
PENILAIN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
Kognitif
Evaluasi : Pilihan ganda
b. Penilaian
Afektif
Lembar Observasi Penilaian Sikap
No.
|
Nama
Siswa
|
Indikator
aktivitas (skor 1-4)
|
Jumlah
Skor
|
|||
Rasa
Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Teliti
|
Tanggung
jawab
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
Dst.
|
Catatan: skor maksimum = skor
maksimum tiap indikator x jumlah indikator
Misalnya
= 4 x 5 = 20
Kriteria
penilaian sebagai berikut:
SKOR
TOTAL
|
KATEGORI
|
17 – 20
|
Sangat Baik
|
13 – 16
|
Baik
|
9 – 12
|
Cukup
|
4 – 8
|
Kurang
|
Bentuk Soal
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di
depan jawaban yang benar!
1.
Pertumbuhan
pada makhluk hidup ditandai oleh beberapa hal berikut, kecuali ….
a. bertambah
tingi c. bertambah berat
b. makin menyusut d. semakin besar
2.
Telur ayam akan menetas menjadi ...
a. anak ayam c. anak kambing
b. anak burung d. anak tikus
3.
Urutan pertumbuhan ayam yaitu...
a. telur-ulat- kepompong-ayam
b. telur-anak ayam- ayam muda-ayam
dewasa
c. ulat- telur- anak ayam
d. kepompong – telur – anak ayam
4. Faktor
yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan pada tanaman yaitu..
a.
suhu, panas, udara.
b.
air, makanan dan cahaya matahari
c.
hanya air saja
d.
hanya cahaya matahari saja
5. Pertumbuhan
merupakan salah satu ciri dari ....
a.
benda mati c.
hewan saja
b.
manusia saja d. Semua
mahluk hidup
Kunci Jawaban
1. B
2. A
3. B
4. B
5. D
Pedoman penilaian soal pilihan ganda.
Jumlah jawaban yang benar x 20 = 100
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Rubrik
Penilaian
1. Rasa
Ingin Tahu
Indikator:
a. Peserta
didik memperhatikan materi yang disampaikan guru
b. Peserta
didik memperhatikan materi dengan mencatat
c. Peserta
didik bertanya ketika materi kurang jelas
d. Peserta
didik aktif mencari referensi saat berdiskusi
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya
melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya
melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya
melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan
4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2. Kerja
Sama
Indikator:
a. Peserta
didik aktif dalam kerja kelompok
b. Peserta
didik bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan
c. Peserta
didik bersedia membantu orang lain dalam satu
kelompok yang mengalami kesulitan
d. Peserta
didik menghargai hasil kerja anggota kelompok lain/ team work
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya
melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya
melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya
melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan
4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3. Teliti
Indikator:
a. Peserta
didik mengerjakan tugas dengan teliti
b. Peserta
didik berhati-hati dalam menyelesaikan
tugas dan menggunakan
peralatan
c. Peserta
didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai
dengan standar mutu
d. Peserta
didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai
dengan standar waktu
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya
melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya
melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya
melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan
4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4. Tanggung
Jawab
Indikator:
a. Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
b. Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan target
c. Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan
kondisi semula
d. Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan
kondisi semula
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya
melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya
melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya
melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan
4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
Semarang, 8 Agustus 2016
Dosen
Pembimbing, Mahasiswa
Riris
Setyo Sundari M.Pd Linda
Rohmawati
NIP.
NPM.
""Bagi Teman2 yang ingin membuat video camtasia dengan berbagai animasi atau media pop up atau media lain..bisa menghungi saya 082247749818. atau kirim aja komentar diblog atau kirim emaildialamat email yang tertera di blog ini." Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.