Rabu, 16 Oktober 2019

Tak Perlu takut untuk Mencoba "IJAZAH" tak menuntut menyesuaikan pekerjaan kita.

       Hai temen-temen semua. aku mau ceritain pengalamanku nih tentang pertama kali bekerja. Mungkin mulai dari aku kuliah yah. Aku ini jurusan S1-PGSD untuk sekarang ini. Dulu waktu masih kuliah aku daftar menjadi tentor di salah satu Bimbingan Beljar mulai dari semester 4 sampai semester 7 disalah satu Universitas di Semarang. Awalnya sih aku ngajar juga gak bisa. Dibilang begok banget malahan. Setiap mau ngelesi anak-anak didikku aku selalu bikin bahan dulu dan selalu baca-baca dulu. Kayak mereka, aku tuh belajar juga..cuma bedanya kan hanya sebatas aku udah pernah belajar tentang materi itu dan mereka belum, jadi aku yang ngebantu mereka buat belajar.

      Nah dari semester 7-8 aku nganngur nih. Tapi karna bulan Mei skripsiku udah selesai dan gak bisa ikutan cloter wisuda yang bulan Mei, jadi aku mulai jadi tentor lagi selama 3 bulan aja, sambil nyyari-nyari pekerjaan. Tapi sayangnya samai aku diwisudapun aku belum dapat pekerjaan. Akhirnya aku mau ngabdi jadi guru aja diakhir bulan Desember. Tapi karna keadaan ekonomi keluargaku, kalo sampai aku ngabdi wiyata jadi guru dengan upah sebesar 200rb. Aku ngerasa gak bakalan cukup buat kebutuhan hidupku. Justru aku bakalan nambah ngrepotin ortuku secara aku juga masih punya adik yang masih sekolah. Oke deh, akhirnya aku memutuskan untuk merantau lagi ke Semarang yang Pabriknya banyak.

      Awal aku di Semarang cuma bawa 300rb itu sekitar bulan Januari pertengahan. Tidur nebeng sana-sini dikosnya temen dan mulai ngelesi lagi. Penghasilan masih dikit banget pas waktu itu. Belum UMR lah..dibawah rata2 UMR malahan. Jadi, cara aku ngelamar kerjaan yang gak butuh tenaga banyak dan gak keluar duit banyak yaitu dengan cara kirim email. Aku kirim aja ke semua perusahaan yang mencari admin atau staff gitu. Meski aku juga gak begitu paham. Dari lebih dari 40 lamaran, aku dapat panggilan tuh ada 12 perusahaan.

Oh sebelum aku diterima diperusahaan sekarang ini, dulu tuh aku pernah keterima tahap pertama tes di BRI tp yah pas dipusatnya aku gagal. Perjuangan  dapatin kerjaan tuh sulit banget. apalagi gelar sarjana S1 diluar sana tuh banyak banget. Tapi bagi temen-temen yang mau cari kerja dan masih kuliah. dari pada kalian sering maen dan tak menghasilkan. Mendingan temen-temen mengasah skill kalian. Karena zaman sekarang serba teknologi jadi kalian harus mempunyai kemampuan dasar mengetik 10 jari, bisa menggunakan komputer dan menggunakan aplikasi yang ada di komputer. Bahasa Inggris juga sekrang penting banget yah temen-temen. Karena kebanyakan perusahaan itu yang punya bukan orang Indonesia. Jadi kalo kalian punya skill itu sudah menjadi point plus+++++
Jangan kayak aku, susah sekali beradaptasi dan susah sekali mendapat pekerjaan.
Tapi aku bersyukur alhamdulillah, Allah telah mengabulkan doaku yang terakhir. Aku awalnya cuma dikontrak 3 bulan menjadi staff HRD. Whaattt!!! Jurusanmu apa kok bisa dikontrak 3 bulan jadi HRD?

Itu pertanyaaan yang selalu aku denger dari orang-orang disekitarku. Kamu punya koneksi orang dalam yah? Masak kamu bisa masuk jadi HRD? wah yang tanya kayak gitu bikin tambah emosi aja. itu aja aku beruntung termasuknya.

     Oke aku jelasin yah!.!.aku tuh karna udah pasrahnya dan sedihnya karna udah nganggur dari bulan November sampai awal April belum dapat kerjaan dan sedangkan ortuku yang dirumah udah marah-marah menekan diriku ini. Akhirnya aku berdoa terus, dan nama perusahaan tempat aku kerja sekarang ini aku sebut dalam setiap doaku selesai sholat wajib yah..Habis itu, eh tak tau.nya akau dapat panggilan interview. Interview.nya sadis men...aku kelagepan dijak langsung itung-itungan main logika tentang biaya hidup di semarang. Setelah interview dengan staff HRD aku langsung pulang nunggu pengumuman lolos gaknya. Tak tunggu selama 1 minggu gak ada kabar. Setelah 2 minggu aku ditelpon buat datang ke Perusahaan itu lagi. Aku tuh awalnya mau daftar kerja jadi admin Produksi. Kirain aku dipanggil tuh aku keterima jadi admin produksi, eh taunya disana aku ditawarin jadi staff HRD menggantikan orang yang lagi cuti hamil. Okelah gpp aku terima, toh aku juga gak punya pengalaman dibidang itu. Nah setelah aku masuk di HRD tiba-tiba yang cuti hamil itu resign, yah otomatis itu memberikan aku peluang kan. Tapi aku disuruh milih lagi antara masih mau tetap jadi staff HRD atau pindah dibagian lain. Karna berhubung di staff HRD aku ada yang kurang enak dan banyaksss sekali yang gak suka sama HRD. Ya udah mumpung aku dikasih pilihan aku milih pindah dibagian lain.

Aku akhirnya pindah dibagian departemen EXIM(Export Import). Wah tambah kaget lah aku. kerjaa.anya beda dari staff HRD ataupun jadi tentor. Ternyata lebih rumit dan tentunya lebih ekstra hati2. Karena setiap kesalahan untuk export.nya aja perkotak atau kolom 40USD. pakainya uang,e dolar. kalo sampai salah bisa berabe. 

Aaku awal-awal di Exim seneng banget karna gajinya yah... sama agak santai karna waktu itu expornya sedikit. Cuma yang bikin aku pusing tuh  semua email dan aplikasi yang aku gunakan di komputer bahasa Inggris semua men....pusing aku. Langkah-langkahnya juga panjang sekali. Tapi seneng sih punya pengalaman baru lagi.
      
       Jadi intinya tuh buat kalian, jangan putus semangat yang belum dapat pekerjaan. Meski kalian ijazahnya beda jauh dengan apa yang kalian kerjakan. Dicoba aja terus, jangan takut gagal dan jangan takut mencari pekerjaan hanya karna ijazahmu gak sesuai dengan lamaran yang kamu inginkan atau dinginkan perusahaan. Yang penting kamu harus semangat, berdoa terus, dan harus punya skill MS.Office yang penting kalo ada tambahan lain jadi nilai +. Kalo jurusan IT jangan samakan yang jurusan kayak aku yah..yang komputernya agak gaptek. Karna rejeki itu sudah ada yang mengatur jadi harus sabar dan terus maju. Tapi buat temen-temen yang ingin wiyata mengabdi juga aku dukung..karna sebenernya aku juga ingin jadi bu guru. Karena waktu bersama keluarga imbang dengan waktu bekerja. Selain itu guru adalah pekerjaan yang mulia. Nanti semoga Allah mengabulkan keinginanku menjadi guru dengan diterimanya aku sebagai CPNS dan temen2 guru semua juga keterima CPNS.Aamin

Terimaksih bagi yang sudah membaca blog ini yah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.