Sabtu, 17 September 2016

RPP kelas 3 SD Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup 3 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan        :   SD N Sawah Besar 02
Mata Pelajaran              :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester              :   IIIB/ 1 (satu)
Materi Pokok                :   Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup
Waktu                           :   1jp x 35 menit
Hari / Tanggal               :   Kamis / 8 Agustus 2016
I.     STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal – hal yang mempengaruhi perubahan pada mahluk hidup
II. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
     Kompetensi Dasar
1.3  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak ( makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olahraga).
Indikator :
1.3.1 Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada hewan.
1.3.2 Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
1.3.3 Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui tanya jawab dan penjelasan guru, maka siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan hewan dengan benar.
  2. Dengan penjelasan guru melalui media pop up book, maka siswa dapat menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
  3. Dengan  melakukan praktikum yang dipimpin oleh guru, siswa dapat mengamati pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dengan baik.
  4. Dengan menyimak penjelasan guru, maka siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.  

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
IV. MATERI AJAR
1. Perkembangan dan pertumbuhan hewan ( terlampir )
2. Perkembangan dan pertumbuhan tanaman (terlampir)
3. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman (terlampir)
V. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
A. Metode :
1.    Ceramah
2.    Diskusi
3.    Tanya Jawab
4.    Penugasan
B.  Model : Kontekstual
VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


1.    PENDAHULUAN
              a.      Guru dan siswa berdoa bersama-sama.
              b.      Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar.
              c.       Guru mengecek kehadiran siswa.
Apersepsi  dan Motivasi :
1.      Guru mengulang materi sebelumnya tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusia.
2.      Menyampaikan Indikator dari kompetensi yang diharapkan.
             3.      Memberikan semangat sebelum pembelajaran dan motivasi.
ALOKASI WAKTU

( ± 5 MENIT)

2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menyajikan materi sebagai pengantar yang berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan makhluk hidup ( hewan dan tumbuhan)
2.  Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan bertanya jawab.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  1.      Siswa diminta untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 5-6 siswa yang dipimpin oleh guru.
  2.        Siswa diminta untuk membuktikan bahwa tanaman itu dapat tumbuh dengan melakukan praktik menanam biji kedelai yang sudah direndam oleh air selama satu malam. Lalu letakkan 4 biji kedelai di dalam gelas aqua dengan kapas yang di kasih air dan kapas yang kering.
  3.       Siswa diminta untuk meletakkan ditempat yang gelap dan yang terang satu.
  4.      Siswa diminta untuk mengamati keesokan harinya untuk membuktikan bahwa tanaman itu tumbuh dan berkembang.
  5.    Guru memberikan contoh tanaman kedelai yang sudah jadi, dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

·      Konfirmasi
1.      Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui kepada guru .
2.      Guru bersama mengoreksi dan menguatkan hasil belajar siswa.




( ± 25 MENIT)

3.      Penutup
1.      Menyimpulkan hasil belajar
2.      Siswa melakukan evaluasi akhir dengan mengerjakan soal-soal latihan.
3.      Tindak lanjut : pemberian tugas / PR.
4.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama.


(±5 menit)

VII. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
A.    Media : Pop Up Book, biji kedelai yang belum tumbuh dan yang sudah tumbuh
B.     Sumber Belajar
·         Sarjan Handayani dan Purwo Santoso. 2004. SAINS 3. Jakarta: DEPDIKNAS.
·         Triwulan Oktaviana. LKS Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Graha Pustaka.
·         Zaenal Mustopa.2007.Ilmu Pengetahuan Alam kelas 3. Jakarta : DEPDIKNAS.
VIII. PENILAIN
1. Teknik Penilaian
a.       Penilaian Kognitif
Evaluasi : Pilihan ganda
b.      Penilaian Afektif
            Lembar Observasi Penilaian Sikap
No.
Nama Siswa
Indikator aktivitas (skor 1-4)
Jumlah Skor
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Teliti
Tanggung jawab
1.






2.






3.






4.






5.






Dst.






Catatan: skor maksimum = skor maksimum tiap indikator x jumlah indikator
Misalnya  =  4 x 5 = 20
Kriteria penilaian sebagai berikut:
SKOR TOTAL
KATEGORI
17 – 20
Sangat Baik
13 – 16
Baik
9 – 12
Cukup
4 – 8
Kurang

Bentuk Soal
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar!
1.      Pertumbuhan pada makhluk hidup ditandai oleh beberapa hal berikut, kecuali ….
a. bertambah tingi                   c. bertambah berat
b. makin menyusut                  d. semakin besar
2. Telur ayam akan menetas menjadi ...
a. anak ayam               c. anak kambing
b. anak burung                        d. anak tikus
3. Urutan pertumbuhan ayam yaitu...
a. telur-ulat- kepompong-ayam
b. telur-anak ayam- ayam muda-ayam dewasa
c. ulat- telur- anak ayam
d. kepompong – telur – anak ayam

4.      Faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan pada tanaman yaitu..
a. suhu, panas, udara.
b. air, makanan dan cahaya matahari
c. hanya air saja    
d. hanya cahaya matahari saja
5. Pertumbuhan merupakan salah satu ciri dari ....
a. benda mati                           c. hewan saja
b. manusia saja                        d. Semua mahluk hidup
Kunci Jawaban
1.      B
2.      A
3.      B
4.      B
5.      D
Pedoman penilaian soal pilihan ganda.
Jumlah jawaban yang benar x 20 = 100
Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







                                                           
Rubrik Penilaian
1.      Rasa Ingin Tahu
Indikator:
a.    Peserta didik memperhatikan materi yang disampaikan guru
b.    Peserta didik memperhatikan materi dengan mencatat
c.    Peserta didik bertanya ketika materi kurang jelas
d.   Peserta didik aktif mencari referensi saat berdiskusi
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

2.      Kerja Sama
Indikator:
a.    Peserta didik aktif dalam kerja kelompok
b.    Peserta didik bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan
c.    Peserta didik bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
d.   Peserta didik menghargai hasil kerja anggota kelompok lain/ team work
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

3.      Teliti
Indikator:
a.       Peserta didik mengerjakan tugas dengan teliti
b.      Peserta didik berhati-hati dalam menyelesaikan tugas  dan menggunakan peralatan
c.       Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar mutu
d.      Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar waktu
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian

4.      Tanggung Jawab
Indikator:
a.       Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
b.      Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan target
c.       Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
d.      Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
Skor
Kriteria
1
Hanya melakukan 1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
2
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
3
Hanya melakukan 3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
4
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian



            Semarang,  8 Agustus 2016
Dosen Pembimbing,                                                               Mahasiswa


Riris Setyo Sundari M.Pd                                                       Linda Rohmawati
NIP.                                                                                         NPM.


""Bagi Teman2 yang ingin membuat video camtasia dengan berbagai animasi atau media pop up atau media lain..bisa menghungi saya 082247749818. atau kirim aja komentar diblog atau kirim emaildialamat email yang tertera di blog ini." Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.