RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
|
Satuan
Pendidikan : SD
N Sendangmulyo 03
Tema : Pendidikan
Kelas/Semester : II/
2 (dua)
Materi
Pokok : Matematika dan PKn
Waktu : 2jp x 35 menit
Hari
/ Tanggal : Senin / 27 Maret 2017
I. STANDAR KOMPETENSI
Matematika
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi
panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
PKN
4. Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
Matematika
Kompetensi Dasar
5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi
panjang
Indikator
:
4.1.1 Menghitung keliling persegi
4.1.2 Menentukan rumus persegi
4.1.3 Menghitung keliling persegi
panjang
4.1.4 Menentukan rumus persegi
panjang
PKN
Kompetensi
Dasar
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
Indikator :
4.1.1
Mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia.
4.1.2
Menyebutkan contoh kekayaan alam khas Indonesia
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui penjelasan guru dengan media persegi dan
persegi panjang, mka siswa dapat mengetahui rumus keliling persegi dan persegi
panjang.
2.
Dengan mendengar penjelasan dari guru, mka siswa dapat
menghitung keliling persegi dan persegi panjang.
3.
Dengan tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan
kebhinekaan Indonesia secara jelas.
4.
Dengan mengamati media gambar siswa dapat menyebutkan
contoh kekayaan alam khas indonesia
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Ketelitian ( carefulness), Bersahabat dan
Komunikatif.
IV. MATERI
AJAR
1.
PKn (terlampir).
2.
Matematika ( terlampir).
V. METODE
DAN MODEL PEMBELAJARAN
A. Metode :
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Penugasan
B. Model
: Kontekstual
VI.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
|
1. PENDAHULUAN
a.
Guru dan siswa berdoa
bersama-sama.
b.
Guru menyiapkan kondisi siswa
untuk siap belajar.
c.
Guru mengecek kehadiran siswa.
Apersepsi dan Motivasi :
1.
Menyampaikan
Indikator dari kompetensi yang diharapkan.
2.
Memberikan
semangat sebelum pembelajaran dan motivasi dengan menyanyikan lagu Dari
Sabang sampai Merauke.
|
ALOKASI WAKTU
( ± 5 MENIT)
|
2. Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Guru bertanya kepada siswa mengenai lagu
Dari sabng sampai merauke. “ Dari lagu tersebut, bagaimana kondisi lingkungan
di sekitar tempat tinggal anak-anak?” Nah, dari beberapa bentuk kondisi
lingkungan disekitar kita seperti gunung, laut bukit dan pulau itu merupakan
ciri khas bangsa Indonesia.
& Elaborasi
1.
Siswa mendengarkan penjelaskan guru
mengenai kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.
2.
Guru menjelaskan beberapa tradisi yang
dimilki oleh indonesia seperti bahasa, tarian, pakaian dan adat istiadatnya.
3.
Siswa diminta untuk menyebutkan bangun
datar berbentuk persegi dan persegi panjang yang ada di ruang kelas.
4.
Siswa mendengarkan penjelasan guru
menentukan rumus keliling persegi dan persegi panjang dengan menggunakan
media persegi dan persegi panjang.
5.
Siswa diminta untuk menghitung
ubin secara bergantian untuk menentukan keliling ruang kelas dari bagian
tepinya.
6.
Siswa diberikan tugas untuk mengerjakan
soal matematika tentang keliling bangun persegi dan persegi panjang.
·
Konfirmasi
1.
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui kepada guru .
2.
Guru bersama mengoreksi dan menguatkan hasil belajar
siswa.
|
( ± 25 MENIT)
|
3.
Penutup
1.
Menyimpulkan hasil belajar
2.
Siswa melakukan evaluasi akhir dengan mengerjakan
soal-soal latihan.
3. Tindak
lanjut : pemberian tugas / PR.
4. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama.
|
(±5 menit)
|
VII. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
A.
Media : bentuk bangun persegi dan persegi panjang,
gambar-gambar kekayaan alam yang ada di Inonesia seperti gunung, pantai laut, hutan,
bukit, upacara adat, tarian dll.
B.
Sumber Belajar
Slamet. Buku Pendidikan Kewarganegaraan. 2008.
VIII.
PENILAIN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
Kognitif
Evaluasi : Pilihan ganda
b. Penilaian
Afektif
Lembar Observasi Penilaian Sikap
No.
|
Nama
Siswa
|
Indikator
aktivitas (skor 1-4)
|
Jumlah
Skor
|
|||
Rasa
Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Teliti
|
Tanggung
jawab
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan: skor maksimum = skor maksimum tiap
indikator x jumlah indikator
Misalnya = 4 x
5 = 20
Kriteria
penilaian sebagai berikut:
SKOR
TOTAL
|
KATEGORI
|
17 – 20
|
Sangat Baik
|
13 – 16
|
Baik
|
9 – 12
|
Cukup
|
4 – 8
|
Kurang
|
NAMA :
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang
benar!
1. Pakaian adat digunakan
pada saat ....
a.
Upacara adat
b.
Bekerja
c.
Berkunjung kerumah orang
2. Ada beberapa jenis
bahasa daerah yang ada di Indonesia, Salah satu contohnya orang Semarang yang
menggunkan bahasa daerah yaitu bahasa .....
a.
Sunda
b.
Melayu
c.
Jawa
3. Untuk mempermudah kita
dalam berkomunikasi dengan teman yang bahasa daerahnya berbeda-beda, maka
sebaiknya kita menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa...
a.
Melayu
b.
Indonesia
c.
Jawa
4. Contoh kekayaan alam
yang ada di Indonesia..
a.
Laut, pulau, gunung
b.
Susu, daun, pisang
c.
Rumput, onta, kanguru
5. Cara menghargai perbedaan
dari beberapa suku budaya yang ada di Indonesia yaitu...
a.
Menghormati kepercaayan yang ada disetiap daerah masing-masing
b.
Menghina adat istiadat kebudayaan mereka
c.
Tidak mau ikut membaur dalam adat istiadat budaya mereka
6. Bangun segi empat yang memiliki
panjang sisi yang sama semua dinamakan...
a.
Persegi
b.
Persegi panjang
c.
Segitiga sama kaki
7. Rumus menentukan
keliling bangun datar persegi yaitu ....
a.
4 x sisi
b.
2 x (panjang + lebar)
c.
Sisi + sisi
8.
Persegi
panjang yang lebarnya 6 satuan dan panjangnya 10 satuan memiliki keliling ....
a. 16 satuan
b. 32 satuan
c. 60 satuan
9. Suatu
persegi kelilingnya 80 cm. Panjang sisi persegi tersebut adalah … cm
a. 30
b. 80
c. 20
10.
KUNCI JAWABAN
1. A
2. C
3. B
4. A
5. A
6. A
7. A
8. B
9. C
10. 16
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian
1. Rasa
Ingin Tahu
Indikator:
a. Peserta
didik memperhatikan materi yang disampaikan guru
b. Peserta
didik memperhatikan materi dengan mencatat
c. Peserta
didik bertanya ketika materi kurang jelas
d. Peserta
didik aktif mencari referensi saat berdiskusi
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
2. Kerja
Sama
Indikator:
a. Peserta
didik aktif dalam kerja kelompok
b. Peserta
didik bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan
c. Peserta
didik bersedia membantu orang lain dalam satu
kelompok yang mengalami kesulitan
d. Peserta
didik menghargai hasil kerja anggota kelompok lain/ team work
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
3. Teliti
Indikator:
a. Peserta
didik mengerjakan tugas dengan teliti
b. Peserta
didik berhati-hati dalam menyelesaikan
tugas dan menggunakan
peralatan
c. Peserta
didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai
dengan standar mutu
d. Peserta
didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai
dengan standar waktu
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
4. Tanggung
Jawab
Indikator:
a. Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
b. Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan target
c. Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan
kondisi semula
d. Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan
kondisi semula
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan 1 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan 2 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan 3 kegiatan yang
menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4 kegiatan yang menjadi
kriteria penilaian
|
Semarang, 22 Maret 2017
Guru Pamong, Mahasiswa,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Assalamualaikum,..^_^
Jika ada yang mencari materi makalah mengenai mata pelajaran SD - SMA silahkan meninggalkan pesan di komentar. Karna blog ini dibuat untuk memudahkan pembaca mencari informasi. Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.