RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : V/ 2
Tema : Bumi dan Alam Semesta
Materi Pokok : Susunan
Bumi
Waktu :
2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
7.
Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan
sumber daya alam
B. Kompetensi Dasar
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi
C. Indikator
7.3.1 Menyebutkan 3 macam lapisan penyusun bumi.
7.3.2 Menjelaskan lapisan penyusun bumi
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan mengamati media lapisan
bumi dan mendengar penjelasan dari guru, maka siswa dapat menyebutkan tiga
macam lapisan penyusun bumi dengan benar.
2. Dengan
mendengarkan penjelasan dari guru melalui media gambar, maka siswa dapat
menjelaskan kembali lapisan penyusun bumi dengan benar.
& Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Materi Essensial
Mengenal Struktur Bumi
(terlampir)
F.
Metode dan Model
Pembelajaran
A. Metode :
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Penugasan
B. Model : talking stick
G. Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
a.
Guru dan siswa berdoa
bersama-sama.
b.
Guru menyiapkan kondisi siswa
untuk siap belajar.
c.
Guru mengecek kehadiran
siswa.
Apersepsi dan Motivasi :
1. Anak-anak minggu lalu kita sudah
belajar tentang proses terbentuknya tanah yaitu mulai dari jenis-jenis-jenis tanah,
proses terjadinya pelapukan, dan jenis batuan. Selanjutnya hari ini kita akan
belajar mengenai susunan lapisan bumi. Apakah bumi itu? Bagaimana bentuk bumi itu? Siapa saja yang
tinggal di bumi? Sudah pernah lihat globe? Coba perhatikan dan amati bentuk
globe ini!
2. Anak-anak apakah kamu tahu lapisan penyusunan bumi? Mari kita bahas
bersama-sama.
3. Guru menyampaikan
indikator dan kompetensi yang diharapkan.
4. Guru mengajak siswa
untuk bernyanyi bersama untuk menambah semangat dan motivasi.
BUMIKU ( lagu balonku yang diubah liriknya)
Bumiku hanya Satu
Akanku jaga selalu
Bulat pepat bentuknya
Hijau biru warnanya
Struktur bumi ada tiga
Yang
pertama kerak bumi
Yang kedua mantel bumi
Yang terakhir inti bumi
Mari kita belajar. . .jar!
Belajar tentang bumi
Bumiku amat indah
Hilanglah rasa gundah.
|
(5
menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Menyajikan materi sebagai
pengantar yang berhubungan dengan
lapisan penyusun bumi.
2. Melibatkan siswa secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan bertanya jawab.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
1.
Siswa
diminta untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang bentuk bumi dengan
mengamati lingkungan yang ada disekitarnya dengan menulisnya dibuku.
2.
Siswa
menyampaikan hasil diskusi.
3.
Siswa
mendengarkan penjelaskan guru mengenai proses terbentuknya bumi.
4.
Siswa
mengamati media lapisan penyusun bumi yang dibawa oleh guru.
5.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai lapisan penyusun bumi.
6.
Guru
mengajak siswa bermain dan belajar dengan model tallking stick dan
menjelaskan cara mainnya.
7.
Siswa
diberikan kesempatan untuk membaca dan memahami materi pada buku yang
dibawanya.
8.
Guru
mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari
guru.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan bahwa
F Struktur bumi dari dalam
sampai luar adalah lapisan inti bumi dalam, inti bumi luar, mantel bumi,
kerak bumi dan atmosfer.
o Siswa melakukan evaluasi akhir
dengan mengerjakan soal-soal latihan.
F Tindak lanjut : pemberian tugas /
PR.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama siswa.
|
(5 menit)
|
H. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber :
o Choiril Azmiyawati,
Wigati Hadi. O, dan Rohana Kusumawati. 2008. Buku BSE IPA kelas V.
o
Media :
1. Globe
2. Gambar struktur bumi
3. Lapisan penyusun bumi
IX. PENILAIN
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Kognitif
Evaluasi : Tes tulis (uraian singkat)
b.
Penilaian Afektif
Lembar Observasi Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator aktivitas
(skor 1-4)
|
Jumlah Skor
|
|||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Teliti
|
Tanggung jawab
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
Dst.
|
Catatan: skor maksimum =
skor maksimum tiap indikator x jumlah indikator
Misalnya = 4 x
5 = 20
Kriteria
penilaian sebagai berikut:
SKOR TOTAL
|
KATEGORI
|
17 – 20
|
Sangat Baik
|
13 – 16
|
Baik
|
9 – 12
|
Cukup
|
4 – 8
|
Kurang
|
2. Indikator pencapaian dan Bentuk
Instrumen Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen Soal
|
Menunjukkan susunan bumi
|
Tugas
(diskusi)
|
-unjuk
-sikap
|
1. Sebutkan
ciri-ciri bentuk bumi yang kalian ketahui dengan mengamati lingkungan
sekitarnya.
|
Menjelaskan
|
Individu
|
Tes tertulis
|
1. Sebutkan lapisan-lapisan penyusun bumi!
2. Apakah
fotosfer itu?
3. Jelaskan kegunaan lapisan atmosfer
bagi bumi!
4. Apa sajakah penyusun lapisan inti luar
bumi?
5. a. Lapisan bumi apakah yang biasa
disebut pusat bumi?
b. Sebutkan bahan penyusun pusat
bumi!
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Rubrik Penilaian
1.
Rasa Ingin Tahu
Indikator:
a.
Peserta didik memperhatikan
materi yang disampaikan guru
b.
Peserta didik memperhatikan
materi dengan mencatat
c.
Peserta didik bertanya ketika
materi kurang jelas
d.
Peserta didik aktif mencari
referensi saat berdiskusi
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan
1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan
2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan
3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4
kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
Indikator:
a.
Peserta didik aktif dalam kerja
kelompok
b.
Peserta didik bersedia
melakukan tugas sesuai kesepakatan
c.
Peserta didik bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang
mengalami kesulitan
d.
Peserta didik menghargai hasil
kerja anggota kelompok lain/ team work
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan
1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan
2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan
3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4
kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3.
Teliti
Indikator:
a.
Peserta didik mengerjakan tugas dengan teliti
b.
Peserta didik berhati-hati dalam menyelesaikan tugas dan menggunakan peralatan
c.
Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar
mutu
d.
Peserta didik mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar
waktu
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan
1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan
2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan
3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4
kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4.
Tanggung Jawab
Indikator:
a.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
b.
Melaksanakan tugas/pekerjan sesuai dengan target
c.
Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
d.
Mengembalikan barang yang dipinjam sesuai dengan kondisi semula
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Hanya melakukan
1 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
2
|
Hanya melakukan
2 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
3
|
Hanya melakukan
3 kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
4
|
Melakukan 4
kegiatan yang menjadi kriteria penilaian
|
Semarang, 5 April 2016
Dosen Pembimbing, Mahasiswa
Mei
Hari Wicaksono
NIP. NPM.13120264
BUMIKU ( lagu
balonku yang diubah liriknya)
Bumiku
hanya Satu
Akanku
jaga selalu
Bulat
pepat bentuknya
Hijau
biru warnanya
Struktur
bumi ada tiga
Yang pertama kerak bumi
Yang
kedua mantel bumi
Yang
terakhir inti bumi
Mari
kita belajar. . .jar!
Belajar
tentang bumi
Bumiku
amat indah
Hilanglah
rasa gundah.
Permisi mau nnya, itu judul buku dan pengarangnya siapa ya ? Karena mau beli..kebetulan ada bahasa aurora dimateri buku tersebut
BalasHapusRpp hots tentang bumi dan alam semesta kls 5 sd dong
BalasHapus